Samuel Leibowitz, Pengacara Kaum Tertindas


25 Maret 1981, dua remaja perempuan kulit putih, Ruby Bates dan Victoria Price, berada dalam sebuah kereta api Southern Railway tujuan Chattanooga - Memphis. Teman satu kereta mereka terlibat pertengkaran dengan sembilan pemuda kulit hitam. Tiba di stasiun Porth Rock, polisi menangkap semua pemuda yang terlibat perkelahian. Dua remaja perempuan itu mengaku diperkosa oleh para remaja kulit hitam. Hanya dalam waktu tiga hari pengadilan memvonis mereka bersalah dan harus dihukum mati. Peristiwa yang dikenal dengan "Kasus Scottboro Boys" ini menggemparkan seantero Amerika.
Bahkan orang - orang kulit putih pun ikut unjuk rasa dan mengecam peradilan yang timpang ini. Beberapa tokoh nasional kala itu ikut mengajukan petisi, salah satunya Albert Einsten.

Samuel Leibowitz terpanggil untuk membela kesembilan pemuda kulit hitam itu. Lewat jalan berliku akhirnya Leibowitz berhasil membebaskan mereka dari kursi listrik. Inilah karier awal Leibowitz sebagai pengacara. Ia dikenal bukan sebagai pengacara orang kaya, tapi pembela kaum papa. Selama menjadi pengacara, ia telah membebaskan lebih dari 77 orang miskin dari kursi listrik.

Buku ini mengisahkan kisah Samuel Leibowitz, seorang pengacara Amerika yang membaktikan kariernya untuk membela kaum papa dan orang - orang yang terpinggirkan. Ia bagai malaikat penyelamat bagi orang - orang tak berdaya, yang cenderung kalah dalam hukum maupun sistem.

Buku ini menarik bukan hanya untuk para pengacara, tapi bagi siapa saja yang tertarik terhadap hukum yang adil.

Penulis: Fred D. Pasley.
Penerbit: Navila, Agustus 2010.
Harga : Rp. 45.000 ( diskon 25% ) + ongkos kirim.

Pembelian Buku :
Telp. 0274 377034 ( Dwi )
Email : navila_book@Yahoo.com

Kantor Pemasaran :
Navila
Jln. Pakelmulyo UH V/411 Golo. Umbulharjo
Yogyakarta
Telp / Faks : 0274 377034